Bidang Kompetensi

Berita



Sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh
Penulis Berita : Humas • Fotografer : Humas • 25 Jun 2018 • Dibaca : 459 x ,

DE – INDERAJA | Selasa, 25 Juni 2018, Deputi Bidang Penginderaan Jauh menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan  Kegiatan Penginderaan Jauh yang di laksanakan di gedung Indriya Bhuwana Pustekdata. Dalam kesempatan yang sama dilaksanakan pula halalbihalal yang menjadi ajang bagi para pegawai di lingkungan Deputi Penginderaan Jauh untuk saling memaafkan.  Turut hadir dalam acara tesebut Sestama LAPAN Prof Dr. Ir. Rr. Erna Sri Adingningsih, M.Si,  Deputi Bidang Sains, Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan Drs. Afif Budiono, M.T.,  Kapusispan Ir. Yuliantini Erowati, M.Si. Kapus KKPA Ir. Agus Hidayat, M.Sc, Dr. Mahdi Kartasasmita, MS, Drs. Bambang Teja Sukmana Dipl. Ing serta Drs. Ignatius Loyola Arisdiyo, M.Si, pejabat struktural Kapustekdata dan Kapusfatja serta seluruh karyawan dan karyawati di lingkungan Kedeputian Penginderaan Jauh.
Sosialisasi oleh Deputi Bidang Penginderaan  Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc  menyampaikan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2018 (PP No. 11/2018) tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh yang telah  dikukuhkan  pada tanggal 11 April 2018. Hal ini merupakan salah satu peraturan perundang undangan dalam menjalankan Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan (pasal 23).
Ruang lingkup PP No. 11/2018 mengatur mengenai tata cara penyelenggaraan kegiatan penginderaan jauh yang meliputi : Perolehan data, Pengolahan data, Penyimpanan dan pendistribusian data serta Pemanfaatan data dan diseminasi informasi.  Aturan tersebut memberikan kewenangan kepada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh dan Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh.
Pustekdata diberikan tugas salah satunya adalah pengoperasian satelit, pengoperasian Stasiun Bumi, dan pengadaan citra satelit dalam penyelenggaraan pelayanan kepada pengguna, serta pengembangan teknologi penyimpanan dan pendistribusian   data penginderaan jauh melalui Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN).
Data penginderaan jauh tersebut  dapat dimanfaatkan Pusfatja sesuai dengan program utamanya yaitu Sistem Pemantauan Bumi Nasional (SPBN), teknologi data penginderaan jauh pemanfaatan dan diseminasi informasi untuk wilayah darat, wilayah laut, wilayah pesisir dan pulau pulau kecil, lingkungan dan mitigasi bencana dan atmosfer, melakukan kerjasama dengan Instansi Pemerintah, dan/atau Pemerintah Daerah.
Sebagai tindak lanjut PP No. 11/2018, Pustekdata dan Pusfatja membentuk tim untuk menyiapkan beberapa Peraturan Kepala Lapan. Pembentukan tim tersebut telah disusun oleh Kapusdata dan Kapusfatja yang turut disampaikan pada acara sosialisasi.  


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL