Bidang Kompetensi

Berita



Pencanangan Situs Observatorium Nasional Timau
Penulis Berita : Humas • Fotografer : Humas • 10 Jul 2018 • Dibaca : 403 x ,

DE – INDERAJA | Pada Senin, 9 Juli 2018, berlangsung pencanangan situs Observatorium Nasional dan Taman Langit Gelap di lereng Gunung Timau, Amfoang Tengah dan Amfoang Barat Daya, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), sekaligus meresmikan nama Observatorium Nasional Timau (Obsnas Timau).
Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas sebagai perwakilan dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Bupati Kupang dan jajarannya, pejabat eselon I dan II LAPAN, Ketua adat Timau, serta masyarakat Timau lebih kurang 1000 orang.
Peresmian pembangunan Obsnas Timau ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Staf Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas, Dr. Agus Puji Prasetyono. Pada kesempatan yang sama, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin juga mencanangkan pembangunan Kantor Pusat Operasional Obnas Timau dan Pusat Sains, yang berlokasi di Tilong, Kupang, NTT. Kantor ini akan berfungsi sebagai fasilitas operasional Obnas Timau sekaligus pusat edukasi keantariksaan.
Dalam sambutannya, Kepala LAPAN menjelaskan, Obnas Timau merupakan observatorium terbesar di Indonesia, bahkan di kawasan Asia Tenggara. Obnas Timau ini akan menjadi observatorium keempat di kawasan langit selatan, setelah Amerika Selatan, Afrika Selatan, dan Australia.
Amfoang dipilih sebagi lokasi pembangunan obsnas karena merupakan wilayah yang paling banyak memiliki malam cerah dan jauh dari polusi cahaya kota. Dengan dibangunnya obsnas ini, diharapkan akan berdampak pada pencerdasan masyarakat di kawasan Indonesia Timur, khususnya NTT.
Sementara, Staf Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas dalam sambutannya menyampaikan pesan Menristekdikti agar dilakukan berbagai upaya yang bisa memberikan manfaat, tidak hanya dalam sektor pendidikan, tetapi juga dalam sektor pariwisata.
Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, dalam sambutannya mendukung pembangunan Obsnas Timau dan menghimbau masyarakat Amfoang untuk menjaga kawasan Gunung Timau tetap bersih.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL